Tips Membuat Video Marketing secara Efektif dan Tepat Sasaran
Tips Membuat Video Marketing secara Efektif dan Tepat Sasaran

Selayaknya jenis video marketing, terdapat 5 cara yang bisa membantumu membuat video marketing. Berikut adalah penjelasannya.

  • Membuat Rencana Video dengan Metode Inbound

Segala sesuatu yang dilakukan tanpa rencana memiliki potensi kegagalan yang tinggi. Hal serupa juga berlaku pada pembuatan video marketing. Oleh karena itu, penting untuk menyusun rencana terlebih dulu sebelum membuat konten video ini agar tak banyak waktu, tenaga, dan uang yang terbuang.

Pembuatan video marketing plan yang komprehensif mencakup channel pemasaran dan penjualan melalui cara berpikir metodologi inbound. Metode inbound adalah sebuah pendekatan marketing dan penjualan yang cenderung berfokus menarik audiens melalui sejumlah konten. Caranya dengan membuat interaksi relevan dan mempunyai manfaat besar bagi audiens. 

Setiap konten video yang dibuat harus bisa menguak akan adanya tantangan atau masalah yang dihadapi oleh audiens. Lalu, terhadap masalah tersebut, produk atau layanan yang ditawarkan oleh brand mampu menjadi solusi secara konkret. 

Jadi, secara penggambarannya, konten video akan dibuat untuk memandu audiens melalui beragam pendekatan. Pendekatan tersebut bisa melalui kesadarannya, evaluasi sikap selama ini, maupun berlangganan layanan atau membeli produk yang ditawarkan. 

  • Menyusun Storyboard

Selain rencana, storyboard juga perlu disusun terlebih dahulu sebelum membuat video pemasaran. Sebagai contoh, coba untuk membuat script dan beberapa daftar informasi penting yang perlu untuk ditunjukkan pada video. Lalu, usahakan untuk menampilkannya sesuai dengan urutan yang tepat dan tentunya saling berkesinambungan, juga logis.
Tidak hanya itu, kamu juga perlu memilih pembicara dengan jenis suara dan penampilan yang menarik. Dengan begitu, audiens lebih berpotensi untuk melihat video hingga selesai. 

  • Menyiapkan Kebutuhan dan Lokasi Rekaman

Tidak kalah pentingnya, kamu juga perlu menyiapkan kebutuhan dan lokasi rekaman jauh-jauh hari. Beberapa hal yang penting untuk disiapkan adalah lampu, kamera, mikrofon, tripod, dan sebagainya. 

Terkait tempat, usahakan untuk memilih lokasi yang cocok dengan konten atau cerita dalam video dan mampu memberi daya tarik visual. Tidak harus menyewa tempat yang baru, ruang kerja juga bisa dijadikan sebagai lokasi perekaman dengan penataan dan penempatan properti yang tepat. Yang utama, pastikan komposisi tempat saat direkam tidak saling bertabrakan, jelas center of interestnya, dan sesuai dengan budget yang telah ditentukan.

  • Lakukan Editing 

Setelah mendapatkan hasil rekaman, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan editing. Tidak harus menggunakan jasa profesional, sekarang ini ada banyak aplikasi edit video yang bisa digunakan secara gratis dengan beragam template video yang bagus dan siap untuk dipilih. 

  • Praktikkan SEO pada Video

Terakhir, pastikan untuk melakukan SEO pada video agar mampu menjangkau audiens dari target pasar atau target konsumen yang tepat. Optimasi SEO pada video ini penting untuk dilakukan agar konten video pemasaran mampu memberi dampak yang optimal dan dapat meraih tujuan dengan lebih maksimal. 


Back
Lihat Artikel Lainnya