5 Rekomendasi Tren Digital Marketing di Tahun 2022
5 Rekomendasi Tren Digital Marketing di Tahun 2022


Pandemi di tahun 2020 memicu ketertarikan banyak peminat tren digital marketing dan inovasi pemasaran. Tahun-tahun yang akan datang akan jauh lebih berbeda. Pandemi yang menekan anggaran pemasaran akan memaksa pemasar untuk mencari strategi baru dengan biaya yang minim

Pengeluaran pemasaran telah anjlok ke level terendah yang pernah tercatat, menurut studi Gartner State of Marketing Budget 2021 , penjualan perusahaan turun menjadi 6,4 persen pada tahun 2021 dari 11 persen pada tahun 2020.

Untuk tetap bertahan di era penuh kompetisi, di bawah ini adalah 7 tren digital marketing yang sangat pasti di tahun 2022.

Pemasaran Melalui Konten Email Masih Relevan

Meskipun komunikasi menjadi lebih cepat dan praktis menggunakan berbagai aplikasi messenger, pemasaran melalui email masih memiliki nilai yang tidak tergantikan.

Personalisasi, otomatisasi, dan privasi, semuanya berkontribusi pada nilai lebih email di mata pelanggan. Pada tahun 2022, pendekatan seperti konten email dinamis dan interaktif, AMP untuk email, dan strategi penyesuaian baru akan menjadi lebih penting. Studi dari Litmus menunjukkan bahwa email menjadi salah satu platform yang paling penting, lebih dari semua saluran pemasaran lainnya. E-mail marketing menjadi krusial untuk keberhasilan digital marketing. Lebih dari 40% perusahaan akan meningkatkan investasinya di tahun 2022 untuk pemasaran melalui email. 

Apa yang harus Anda lakukan?

Tidak ada salahnya mempersiapkan konten Newsletter kepada pelanggan. Baik setiap bulan atau dua bulan, sesuaikan frekuensi dengan preferensi merek. Informasi promo, fitur baru, atau bahkan mempromosikan blog pada konten Newsletter untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

Perang Data

Harvard Business Review mengatakan bahwa ilmu data adalah "pekerjaan paling seksi di abad ke-21." Data persaingan akan semakin intensif dan pemasar akan kehilangan akses ke lebih banyak data. Semua aktivitas pemasaran akan dibangun di atas data dasar yang dihasilkan pihak pertama. 

Apa yang harus Anda lakukan?

Tunjukkan data di atas setiap klaim yang Anda berikan atas produk atau layanan. Jadikan digital marketing berdasarkan data untuk meningkatkan kemampuan. Misalnya, saat memproduksi konten untuk Instagram, sisipkan infografis yang menjelaskan validitas dari pernyataan Anda.

Lalu, harus mulai darimana?

Langkah pertama untuk menjalankan strategi ini adalah terhubung ke sumber data yang dapat diandalkan. Untuk setiap saluran pemasaran, gunakan alat analisis khusus.

Jika Anda ingin menggunakan pencarian organik, misalnya, Anda memerlukan alat SEO berbayar. Alat seperti ini memberi akses ke database besar permintaan pencarian di seluruh dunia dan backlink data.

Perhatikan statistik kompetitor dan temukan apa lagi yang harus ditingkatkan dengan alat SEO yang tepat.

Keterampilan dasar termasuk menguasai rumusan spreadsheet yang relevan, memahami statistik, dan metode pengumpulan data. Investasikan diri Anda dalam mempelajari SQL, Python, atau R jika Anda merasa dapat memperoleh manfaat dari keterampilan tingkat lanjut.

Perangkat lunak analitik pemasaran sudah dapat melakukan banyak perbaikan, analisis, dan visualisasi data. 

Konten Video LEBIH Menarik Daripada Konten Statis

Mana yang lebih menarik, melihat video iklan di Youtube atau membaca teks di caption media sosial? Video cenderung dapat mempertahankan perhatian penontonnya lebih dari teks. Video akan menjadikan konten statis atau teks dan akan menjadi bentuk kampanye pemasaran apa pun. Platform media sosial dan TV streaming akan memperkenalkan produk iklan baru dengan menggunakan video. Pengalaman ritel juga akan melihat inovasi baru menggunakan video untuk melibatkan dan memonetisasi pelanggan.

Hal yang harus diingat, video bukan hanya video. Hal itu tidak akan berarti tanpa didukung keterampilan keterampilan. Digital storytelling menarik banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Namun, masih banyak bisnis yang perlu belajar untuk melakukannya dengan benar. 

Banyak bisnis masih fokus dengan cerita tentang diri mereka alih-alih menceritakan bagaimana produk dan layanan mereka dapat membantu pelanggan. Perusahaan yang menggunakan kemampuan mendongeng menarik untuk mengembangkan konten digital akan menambah nilai dan relatabilitas daripada hanya membuat konten yang hanya menampilkan video saja.

Tidak ada orang yang tertarik mendengarkan tentang perusahaan Anda, mereka hanya peduli bagaimana produk yang Anda tawarkan dapat membantu mereka.

Apa yang harus Anda lakukan?

Masih merasa tidak memiliki kualifikasi untuk memproduksi konten video yang baik? Tidak perlu tanpa diri, rekrut seseorang yang dapat melakukannya. Untuk menghasilkan konten video digital storytelling, Anda perlu merencanakan semuanya terlebih dahulu. Dari garis besar, tujuan, format, dan platform. Pastikan Anda menargetkan audiens yang tepat dengan konten yang tepat.

Metaverse Membuka Dunia Baru

Metaverse adalah lingkungan baru tempat orang bekerja, bermain, dan bersosialisasi di dunia virtual augmented reality, virtual reality, avatar holografik 3D, dan video. Bukan hanya pengalaman linear seperti bermain game.

Ada alasan mengapa metaverse begitu banyak perhatian akhir-akhir ini, dan pemasar harus mempertimbangkannya sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka.

Anda dapat menguji berapa lama item virtual bertahan, berapa banyak area yang dapat mereka manfaatkan dalam jarak pandang pengguna, dan ke mana pengguna melihat saat melihat iklan. Penemuan baru ini memiliki potensi untuk sepenuhnya memperkuat kembali apa yang Anda ketahui tentang audiens Anda, memberikan panduan penting untuk bergerak maju.

Banyak perusahaan akan terjun lebih dalam ke dunia maya pada tahun-tahun mendatang, meskipun konsumen mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk "terlibat dalam metaverse." 

Tidak ada waktu untuk ragu kepada teknologi baru. Saatnya terjun langsung untuk menjadi inovatif dan menargetkan pasar yang sama sekali berbeda.

Apa yang harus Anda lakukan?

Pertama-tama, coba untuk masuk ke dunia metaverse. pelajari dan cari tahu apa yang bisa Anda lakukan di dunia virtual ini. Lingkungan ini dapat memberi Anda peluang yang tepat untuk memasarkan ke audiens yang berbeda. Jika Anda cukup menguasainya, Anda dapat menempatkan iklan di tempat yang mungkin dilihat pengguna.

Omnichannel Marketing Masih Menjadi Strategi Kuat

pelanggan dan calon pelanggan harus dapat mengakses produk, promo, dan layanan dukungan Anda di mana pun dan kapan pun. DI semua saluran, platform, dan perangkat.

Strategi dan prinsip ini akan berpengaruh langsung terhadap bisnis. IKEA, misalnya, mendukung pelanggan memesan melalui toko online, aplikasi, panggilan telepon, atau datang langsung ke toko terdekat.

IKEA juga menyediakan berbagai pilihan kontak, termasuk live chat dengan chatbot .

Mengapa omnichannel masih kuat di tahun 2022? Pada dasarnya, pelanggan ingin perusahaan dapat diakses melalui saluran apa pun yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Sumber: Taptalk.io


Back
Lihat Artikel Lainnya